Penonton Bioskop Membludak, PAD Meningkat

0
13
Kepala Dispenda, Ade Herawanto

MALANGVOICE – Membludaknya jumlah penonton bioskop di Kota Malang beberapa bulan terakhir berdampak sangat positif pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Malang, Ir Ade Herawanto, mengatakan, pajak hiburan dari bioskop mengalami kenaikan yang signifikan, akibat banyaknya sekuel film yang mampu menyedot perhatian publik, seperti film ‘Ada Apa Dengan Cinta 2’, ‘Batman vs Superman’ hingga film yang saat ini sedang diburu penonton ‘The Conjuring 2’.

“PAD dari Pajak hiburan 10 persen untuk bioskop itu mengalami kenaikan yang sangat baik, apalagi jika ada sekuel film yang menarik masyarakat untuk menonton,” kata Ade kepada MVoice, beberapa menit lalu.

Ia menjelaskan, sistem pemungutan pajak di bioskop menggunakan sarana E-Tax, dimana tiket yang terjual otomatis akan dipotong pajak 10 persen dan masuk sebagai PAD.

Penghitungan ini, lanjut Ade, cukup ideal, karena Dispenda bisa memantau berapa pajak yang terbayarkan dengan data yang valid.

“Penghitungan ini merupakan data real dan akurat, sehingga kami bisa memantau berapa pajak yang terbayarkan,” ungkapnya.

Kota Malang sendiri kini memiliki beberapa bioskop, seperti Sarinah Cineplex, Dinoyo Cineplex, Mandala dan Dieng yang memiliki ratusan kursi untuk para penonton bioskop.