Penjualan Windows Phone Kian Merosot

0
57
Windows phone. (staticworld.com)

MALANGVOICE – Langkah Microsoft merilis Windows 10 Mobile tidak mendongkrak penjualan Windows Phone. Pangsa pasar Windows Phone pada kuartal ketiga tahun ini menurun menjadi 1,7 persen dari tahun sebelumnya, yakni 3 persen. Informasi itu diperoleh dari hasil laporan perusahaan analis Gartner, beberapa waktu lalu.

“Kendati Microsoft telah mengumumkan Windows 10, kami masih berharap market share smartphone Windows akan mendapat porsi kecil dari keseluruhan sistem operasi yang ada di pasaran,” ujar Research Director Gartner, Roberta Cozza, seperti dikutip dari laman Digital Trends (23/11).

Dari laporan itu diketahui bahwa Windows Phone hanya berhasil terjual 5,8 juta unit di seluruh dunia pada kuartal ketiga tahun ini, menurun dari angka tahun sebelumnya yaitu mencapai 9 juta unit.

Microsof sendiri sudah menyiapkan peluncuran Lumia 950 dan 960 XL yang bakal jadi Windows Phone pertama yang menggunakan Windows 10. Tapi, beberapa pihak menilai bahwa dua smartphone tersebut belum mampu menolong penjualan Windows Phone. Hal ini dikarenakan kedua produk itu dibanderol dengan harga yang sangat tinggi.

Sampai saat ini Microsoft belum memberikan kepastian waktu kehadiran pembaruan Windows 10 Mobile di perangkat Windows Phone lawas. Sekadar informasi, harga pre-order untuk Lumia 950 di Indonesia dibanderol Rp 8.999.000.-