Pengajian Minggu Pagi di Darul Falah Berlangsung Sejak 1980-an

0
131
Pengajian PP Darul Falah (Tika)

MALANGVOICE – Selain jalan-jalan pagi, senam atau jogging di kawasan bebas kendaraan dan taman di Kota Malang, Minggu pagi juga bisa dilalui dengan mengikuti pengajian di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Falah, Jalan Teluk Grajakan, Kelurahan Pandan Wangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Ponpes yang diasuh KH Abdurrahman Qomari ini eksis sejak 1980-an, dan digelar setiap Minggu pagi sekitar pukul 05.30 WIB.

“Pengajian yang diasuh Kyai (Abdurrachman) ya wis sejak saya masih kecil. Sejak Kyai masih tinggal di Kemirahan, kalau ke sini jalan kaki,” jelas Fendi, salah satu pedagang di toko kitab yang ada di sekitar Ponpes.

Eksis sejak sekitar 36 tahun lalu, tak heran jika pengajian rutin itu memiliki ribuan massa yang tidak hanya datang dari kawasan Kota Malang saja. Tidak sedikit yang datang dari Kabupaten Malang.

“Saya ikut pengajian di sini sejak masih SMP, tahun 2002,” jelas salah satu jemaah pengajian, Sahrul, kepada MVoice.

Materi pengajian yang disampaikan Kyai Abdurrachman beragam, tidak hanya urusan kegamaan, juga permasalahan sehari-hari, seputar jodoh, kehidupan rumah tangga, hingga urusan pekerjaan.

Di penghujung pengajian biasanya diisi tanya jawab antara jemaah pengajian dibacakan melalui pengeras suara, yang dijawab langsung oleh sang Kyai. Tak sedikit juga yang meminta barokah Al Fatihah agar dilancarkan usahanya, jodohnya dan pekerjaannya.

“Mugi ingkang dereng angsal jodoh diparingi jodoh ingkang sae. Ingkang dereng angsal pendamelan diparingi pendamelan ingkang sae, Al Fatihah (semoga yang belum mendapatkan jodoh diberi jodoh yang baik, yang belum dapat pekerjaan diberi pekerjaan yang baik. Al Fatihah),” kata sang Kyai melalui pengeras suara.