Penelitian, Ekstrakulikuler Paling Diminati di SMPN 6 Malang

0
235
Wakasek Kesiswaan (anja)
Wakasek Kesiswaan (anja)

MALANGVOICE – Kegiatan ekstrakulikuler di SMPN 6 Malang beraneka ragam, mulai kesenian, olahraga hingga penelitian. Ekstrakulikuler di bidang Karya Ilmiah Remaja (KIR) ternyata paling banyak diminati di sekolah ini.

Wakasek Kesiswaan, Mutliatuzzuhroh Ss SPd mengatakan, ekstrakulikuler KIR bukanlah program inisiatif sekolah. Sebaliknya, ekstrakulikuler ini justru didirikan oleh alumni SMPN 6 Malang yang saat ini bekerja sebagai ahli hukum di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

“Nah namanya mas Gilang. Beliau waktu itu punya ide membuka ekstrakulikuler ini. Waktu itu beliau pendiri sekaligus pelatihnya. Sekarang pelatihnya sudah ganti, tapi masih alumni SMPN 6 Malang,” katanya.

Ia menambahkan, prestasi siswa anggota KIR luar biasa membanggakan. Tahun 2014 lalu, salah satu tim SMPN 6 Malang berhasil go internasional memperkenalkan hasil ciptaannya yaitu alat pembuka botol galon yang efektif dan ekonomis. Karya mereka mendapatkan penghargaan dari pemerintah Nigeria, Afrika.

Selain membuat aneka karya tulis ilmiah, kegiatan KIR meliputi stargazing yaitu aktivitas mengamati bintang.

“Kegiatan ini biasanya saat jadwal perekrutan. Jadi anak-anak berkumpul di sekolah dari jam 2 pagi sampai subuh mengamati bintang-bintang,” katanya.

Kegiatan lain yaitu pengabdian masyarakat di lereng gunung Kidul, pameran roket air dan sebagainya.

“Sekolah sangat berharap siswa semakin kreatif dan inovatif tapi punya wawasan lingkungan,” tutupnya.