Pendaftaran Mahasiswa Baru Pascasarjana UMM Segera Ditutup

0
351
Mahasiswa UMM (anja)
Mahasiswa UMM (anja)

MALANGVOICE – Dibuka sejak akhir tahun lalu, pendaftaran bagi mahasiswa baru Program Pascasarjana (PPs) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) segera ditutup 12 Januari 2017 mendatang.

Berbeda dengan S1, pendaftaran S2 dan S3 di UMM dibuka dua kali, yaitu semester ganjil dan genap. Pada semester ganjil nanti, pendaftaran akan dibuka kembali pada bulan April hingga Agustus.

Wakil Direktur I PPs UMM, Ahsanul In’am PhD mengatakan, UMM memiliki 11 program studi (prodi) magister dan 3 program doktor. In’am menambahkan, semua prodi PPs dibuka kecuali profesi dan sains Psikologi. Dua program itu baru akan dibuka pada Mei 2017.

Cara pendaftaran cukup mudah, yaitu via online melalui situs pmb.umm.ac.id, sehingga masyarakat dari di luar Jawa pun bisa mendaftar tanpa perlu ke Malang.

Prosedur yang perlu diperhatikan adalah, setelah mendaftar online, calon mahasiswa baru (camaba) harus mengirimkan berkas. Semua pesyaratan pendaftaran juga bisa diakses secara online di situs pascasarjana.umm.ac.id. Minat mahasiswa yang tinggi membuat PPs UMM sangat selektif.

“Pada semester genap ini, PPs UMM hanya membuka dua kelas untuk setiap prodi, “ jelas In’am.

Setelah ditutup pendaftaran pada 12 Januari nanti, akan dilakukan tes masuk pada 14 Januari dan pengumuman pada 18 Januari 2017.

Lebih lanjut, UMM juga menambahkan gedung kuliah baru berlantai 10, yaitu Gedung Kuliah Bersama (GKB) 4 yang terletak di kampus terpadu UMM Jl. Raya Tlogomas.

“Kemungkinan, kalau GKB 4 sudah jadi, perkuliahan akan dialihkan ke sana,” jelas In’am.

In’am memaparkan, proses perkuliahan semester genap 2017 akan berfokus pada penulisan artikel dan jurnal akademik.

“Semua tugas akan difokuskan pada penulisan artikel dan jurnal yang terindeks internasional,” paparnya.

Untuk diketahui, program magister di UMM yaitu Magister Manajemen, Magister Sosiologi, Magister Ilmu Agama Islam, Magister Agribisnis, Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Magister Ilmu Hukum, Magister Psikologi, Magister Profesi Psikolog, Magister Sains Psikologi, Magister Pendidikan Matematika, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, serta Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

UMM juga memiliki program Magister Psikologi double degree sains dan profesi, serta double degree Magister Manajemen dan Profesi Akuntan. Sementara program doktor meliputi Doktor Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Doktor Pendidikan Agama Islam, dan Doktor Ilmu Pertanian.