Pemprov Segera Realisasi Jalan Tembusan Singosari-Karangploso

0
205
Suasana di Karangploso (anja)

MALANGVOICE – Untuk mengurai kemacetan parah, terutama di kawasan Malang, Pemerintah Provinsi Jawa Timur berencana membangun jalan tembus sepanjang 10 km antara kecamatan Karangploso dan Singosari, Kabupaten Malang.

“Beberapa tahun terakhir perkembangan jalan dan kendaraan tidak seimbang. Perkembangan kendaraan mencapai 13 persen/tahun, sementara perkembangan jalan hanya 0.1 persen,” kata Kepala Dinas Perhubungan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Jatim, Wahid Wahyudi, kepada MVoice.

Rendra saat ditemui MVoice (anja)
Rendra saat ditemui MVoice (anja)

Jalan tembusan yang sudah disepakati bersama antara pemprov dan pemkab Malang itu diharapkan mempercepat akses masyarakat atau wisatawan menuju kabupaten Malang.

“Karena saat ini wisatawan di Karangploso ini cukup potensial ya. Ada situs-situs pra-sejarah, lalu ditambah lagi ada Hutan Pendidikan Universitas Brawijaya itu. Makanya jalan ini akan segera kita realisasikan tahun depan tujuannya untuk memudahkan mereka para wisatawan juga,” kata Wahid.

Terpisah, Bupati Malang, Rendra Kresna mengatakan telah mengajukan permohonan ke Pemprov untuk realisasi jalan tembusan itu. Soal anggaran, Pemkab Malang tentu siap. Namun, Kresna menerangkan, pendanaan itu lebih bersifat sharing.

“Sebagian besar dananya dari Pemprov, Pemkab Malang sharing saja,” kata Rendra.