Pemkot Batu Tak Masalahkan SMA-SMK Diambilalih Provinsi

0
9
Punjul Santoso (fathul)

MALANGVOICE – Rencana pengambilalihan pengelolaan SMA dan SMK dari pemerintah kabupaten atau kota ke pemerintah provinsi disikapi dengan bijak oleh Pemkot Batu. Karena rencana seperti itu pasti didasari kajian, bukan asal-asalan.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, menegaskan, pihakna sudah berkoordinasi dengan Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan sehingga mendapat beberapa informasi tambahan. Menurutnya, secara terkoordinasi, seluruh sekolah merujuk ke pusat.

Hanya karena beberapa peraturan yang berubah-ubah, sehingga sekolah diatur dan dikelola sendiri sesuai dengan UU Otonomi Daerah. Sehingga saat ini akan dikelola provinsi, karena ada dana triliunan rupiah yang disiapkan untuk pengembangan sekolah itu sendiri.

“Syaratnya kan ditata untuk menjadi lebih baik. Perkara mau ditarik ke provinsi ya nggak masalah. Penarikan ke provinsi hanya di level administrasi saja, lain-lainnya masih diurusi kabupaten kota masing-masing,” jelas Punjul kepada MVoice.

Mengenai perpindahan aset, Punjul menengarai akan ada sedikit persoalan. Sama halnya dengan pengalihan sekolah-sekolah yang dulu aset desa, kemudian dialihkan ke Pemkot. Namun Punjul optimis, jika penarikan ke provinsi memang bagus, Pemkot akan mendukung.