Pemkot Batu Bantu 100 Alat untuk Penyandang Cacat

0
44
Salah satu siswa yang mendapat bantuan kaca mata minus
Salah satu siswa yang mendapat bantuan kaca mata minus (fathul)

MALANGVOICE – Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Batu memberikan bantuan peralatan kepada penyandang cacat. Sejumlah 100 berbagai alat ini langsung diterima mereka di Balai Desa Pesanggrahan.

Bantuan yang diberikan ini diambilkan dari APBD 2016, seperti kursi roda 20 unit, krek 10 unit, kaca mata 40 unit, alat bantu dengar 20 unit, dan tongkat jalan 10 unit. Diharapkan bantuan ini dapat meningkatkan kualitas hidup penyandang cacat.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Sri Yunani, mengatakan, sebenarnya penyandang cacat di Kota Batu masih banyak. Namun tahun ini baru 100 orang saja yang mendapat bantuan. Sisanya akan diberikan di tahun berikutnya.

“Kita dananya kan terbatas, jadi akan dibagi dalam beberapa tahap menggunakan APBD tiap tahunnya. Kami harap yang belum mendapat bantuan bisa bersabar,” jelas Yunani kepada wartawan usai penyerahan, beberapa menit lalu.

Selain perhatian kepada penyandang cacat, Dinsos juga akan memberikan perhatian lebih kepada orang tua lanjut usia (Lansia). Karena mereka sudah tidak aktif bekerja sehingga harus tetap menjadi tanggung jawab keluarga dan negara.

“Kalau ke Lansia sifatnya tunai, jadi anggaran tahun kemarin misalnya Rp 350 ribu perbulan. Nah tahun ini masih kami akan ajukan ke dewan agar disetujui,” tandasnya.