Pemkab Malang Janji Fasilitasi Pendidikan Atlet Potensial

0
21
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Nurcahyo (fathul)

MALANGVOICE – Kabupaten Malang punya banyak atlet potensial yang harus dipermudah untuk urusan pendidikan. Karena banyak berlatih untuk membawa nama daerah, kadang seorang atlet tidak berkesempatan mengenyam pendidikan di sekolah terbaik.

Sebab itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Nurcahyo, berjanji akan memberi rekomendasi kepada para atlet dalam hal pendidikan. Apalagi, jika atlet potensial ingin melanjutkan sekolah di wilayah Kabupaten Malang, akan dicarikan sekolah yang bagus.

“Kami sudah pernah merekomendasikan 9 atlet basket dari SMP 3 Kepanjen, ke SMA 1 Kepanjen. Mengapa? Harapan si pelatih, karena mereka teamwork, kalau berpisah maka butuh penyesuaian dengan tim baru,” ungkap Nurcahyo kepada MVoice.

Selain itu, Nurcahyo juga mengaku pernah memberikan rekomendasi ke atlet bulutangkis yang masuk dalam pembinaan Akademi Djarum Kudus. Karena gagal melangkah ke babak berikutnya, harus pulang ke daerah dan sekolah kembali.

“Saya suruh pilih mau di Turen atau Lawang? Karena dia SMP di Turen, tapi tempat tinggal di Lawang. Setelah dia memilih SMA 1 Lawang, kami beri surat rekomendasi dan diterima di sana,” imbuhnya.

Dalam pemberian rekomendasi ini, Nurcahyo berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan karena harus ada kerja sama yang baik. Termasuk pemberian reward yang lain juga dilakukan Dispora dengan kerja sama dengan Komite Nasional Indonesia (KONI). “Kalau atlet berprestasi, pasti dapat prioritas,” tandasnya.