Pelanggaran Lalu Lintas Menurun dari Ops Zebra Tahun Lalu

0
87
Operasi Zebra Semeru Polres Malang Kota (deny)

MALANGVOICE – Hasil Operasi Zebra Semeru yang digelar serentak usai sudah. Di wilayah Polres Malang Kota, angka pelanggaran lalu lintas menurun dibanding 2014.

Dari data yang didapat MVoice, selama gelar Operasi Zebra kali ini, polisi menilang 2504 kendaraan, dengan rincian roda dua 2340 dan roda empat 149 pelanggaran. Sementara dari data di 2014, ada 2628 pelanggaran. Kebanyakan pelanggar roda dua, tak membawa surat kendaraan dan tak memakai helm.

Angka kecelakaan yang menyebabkan meninggal dunia juga berkurang. Tercatat Ops Zebra yang digelar selama dua minggu mulai 22 Oktober hingga 4 November kemarin ada 10 kali kecelakaan yang menyebabkan 12 orang luka. Sedang di 2014 ada 7 kejadian yang menewaskan 3 orang dan 6 orang luka.

Kasubbag Humas Polres Malang Kota, AKP Nunung Anggraeni, mengatakan, meski masih besar angka pelanggaran tapi masyarakat Malang sudah mulai sadar akan keselamatan diri dalam berkendara. Ia juga mengungkap sebelum diadakan Ops Zebra, tercatat ada 5 korban tewas dan 27 luka ringan dari kecelakaan yang terhitung mulai 8 – 21 Oktober.

“Diharap tidak hanya ada operasi saja masyarakat lebih sadar keselamatan berkendara,” tuturnya.