Pedagang Tidak Sadar, Cahyo : Beri Pelatihan ke Pedagang dan Ortu Siswa

0
59
Cahyo Eddy Purnomo (fathul)

MALANGVOICE – Ketua DPRD Batu, Cahyo Eddy Purnomo, menyorot banyaknya penjual yang belum sadar terkait kualitas dagangannya. Padahal kualitas yang baik akan membawa pembeli juga.

Hal itu terkait adanya jajanan di kantin sekolah dan warung yang diindikasi mengandung zat berbahaya. “Kadang pedagang ini kan menjual sesuatu yang diketahuinya saja, buat sendiri, dijual, dapat untung. Begitu saja,” kata politisi PDIP itu.

Karena itu, Cahyo memberikan saran agar pelatihan dilakukan pemerintah secara terus menerus dan menyeluruh. Ia mengakui, Pemkot Batu sudah beberapa kali melakukan pelatihan kepada pelaku usaha, namun jangkauannya masih perlu ditingkatkan lagi.

“Kadang penjual kecil-kecilan di depan sekolahan itu kan membuat makanan yang tidak memikirkan gizi dan kesehatan yang terukur. Nah mereka ini sasaran pelatihan, agar sadar juga,” sambung lelaki yang khas dengan kumis tebal itu.

Meski begitu, lanjutnya, persoalan itu harus menjadi pemikiran bersama. Karena menjual makanan yang mengandung zat berbahaya seperto borax, pewarna kain, hingga pengawet bisa menjadi pelanggaran hukum.

“Saya kira dinas terkait bisa koordinasi juga dengan Dinas Pendidikan dalam rangka memberikan sosialisasi kepada guru-guru dan ortu siswa. Karena mereka yang bisa mengingatkan anak-anak agar membeli jajanan yang sehat,” tandasnya.