PDAM Kabupaten Malang Siapkan Dana Investasi Rp 30 Miliar

0
9
Eko Priyo A (kanan).

MALANGVOICE – PDAM Kabupaten Malang tahun ini menyiapkan dana investasi sebesar Rp 30 miliar untuk pengembangan bisnis. Dana itu nantinya dipakai untuk menjalankan program kerja, di antaranya pengadaan pompa air, pipa, hingga penambahan barang invetaris kantor.

Kepala bagian Umum PDAM Kabupaten Malang, Eko Priyo A, menjelaskan, salah satu program kerja yang dilaksanakan tahun ini adalah penambahan jaringan baru menyasar pelanggan-pelanggan baru, baik dari perumahan maupun masyarakat di pemukiman umum yang belum terjangkau jaringan PDAM.

“Ini langkah untuk mencapai target 8.000 pelanggan baru di 2016,” kata Eko.

Selain meningkatkan jaringan baru, investasi itu juga dimanfaatkan untuk eksplorasi sumber air baru agar produksi air meningkat. Penambahan produktifitas, bisa melalui pemanfaatan sumber mata air atau melakukan pengeboran.

“Beberapa lokasi yang dibidik untuk pengeboran ada di Kepanjen, Karangploso, Pakis, Turen, Dampit, Gondanglegi, dan Singosari,” rinci dia.

Untuk pengeboran, PDAM mensyaratkan produktifitas air minimal 20 liter per detik. Target yang ingin dicapai adalah semburan air 1 liter per detik mampu untuk memenuhi 80 sambungan rumah.

Saat ini layanan PDAM Kabupaten Malang telah mencakup 25 kecamatan dari 33 kecamatan di Kabupaten Malang. Adapun enam kecamatan yang belum tercover PDAM adalah Kromengan, Sumber Pucung, Wajak, Wonosari, Kasembon, Kalipare, Pagelaran dan Pagedangan.

“Kita belum ada pegembangan di enam daerah tersebut, sementara fokus di 25 Kecamatan yang sudah tercover,” pungkas dia.