Pasca Liburan, Load Factor Pesawat Masih Tinggi

0
3
istimewa

MALANGVOICE – Liburan telah usai, namun animo masyarakat untuk melakukan perjalanan nampaknya belum surut. Kondisi itu nampak dari sebagian maskapai yang beroperasi di Malang rata-rata masih mengangkut penumpang sedikitnya 80 persen dari kapasitas pesawat.

District Manager Sriwijaya Air Malang, Muhammad Yusri Hansyah menjelaskan rute penerbangan Malang – Jakarta pasca liburan akhir tahun masih sekitar 95 persen atau 190 penumpang untuk sekali pemberangkatan.

“Untuk besok, load factor juga masih sekitar 95 persen. Kondisi ini masih berlangsung hingga seminggu ke depan,” kata Yusri kepada MVoice.

Dikonfimasi di tempat terpisah Branch Manager Citilink Malang, Indra Fajar menjelaskan saat ini load factor Citilink masih 80 persen atau 160 penumpang untuk sekali pemberangkatan.

Ia menambahkan, cukup tingginya load factor dikarenakan masih ada beberapa penumpang yang memanfaatkan jatah cuti untuk berwisata di awal tahun.

Terkait penutupan bandara, Indra mengatakan setelah mendapatkan informasi penutupan bandara pihaknya langsung menyebarkan SMS blast ke seluruh penumpang.

Dari 160 penumpang hari ini, 100 persen memilih untuk dialihkan penerbangannya melalui bandara Juanda Surabaya.

“Kami memberi opsi refund, reschedule dan dialihkan ke Juanda. Dan 100 persen memilih untuk dialihkan ke Juanda melalui jalur darat dengan menggunakan bus,” urai Indra.