Pasca Lebaran Dishub lakukan Razia Juru Parkir

0
34
Kepala Bidang Parkir, Samsul Arifin
Kepala Bidang Parkir, Samsul Arifin

MALANGVOICE – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang berencana menggelar razia juru parkir (jukir), pasca Lebaran mendatang. Razia melibatkan petugas gabungan dengan berbagai unsur terkait, seperti kepolisian.

Kepala Bidang Parkir Dishub, Samsul Arifin, mengatakan, razia ini merupakan tindak lanjut dari banyaknya jukir nakal. Ia menambahkan, sampai hari ini masih ada laporan terhadap jukir yang seenaknya mengubah tarif di atas tarif resmi, tidak memberi karcis, tidak memakai baju jukir, tidak memakai tandak pengenal, dan tidak selalu berada di lokasi titik parkir.

“Perlu ada operasi secara besar-besaran. Nanti kita lihat kondisi di lapangan. Yang kita cek nanti surat-suratnya, tempat parkirnya, melanggar lalu lintas atau tidak,” kata Samsul, beberapa menit lalu.

Dijelaskan juga, selama ini Dishub sudah sering melakukan sosialisasi kepada para jukir agar menghindari aksi yang tidak patut dan bisa meresahkan warga.

“Meski sudah berkali-kali kita arahkan, tetap saja masih ada yang tidak melaksanakan,” timpalnya.

Ia berharap kinerja jukir yang baik akan berdampak positif terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) parkir yang tahun ini ditargetkan Rp 7 miliar, atau lebih besar dari 2015 yang hanya Rp 3 miliar. Saat itu pencapaian Dishub berkisar Rp 4 miliar.