Partisipasi Warga Saat Pilkada Cuma 50 Persen, Gus Ipul: Itu Cukup Bagus

0
43
Saifullah Yusuf (fathul)

MALANGVOICE – Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, menyatakan tingkat partisipasi warga dalam Pilkada di Jawa Timur sudah cukup bagus meskipun baru 50 persen saja.

Ia membandingkan dengan beberapa negara lain yang partisipasi pemilihnya malah lebih buruk. “Memang target kita 70 persen, tapi 50 persen sudah cukup bagus,” ungkap Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Terkait faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat partisipasi ini, Gus Ipul belum bisa menganalisanya. Pihaknya lebih dulu akan lakukan evaluasi sehingga dapat mengetahui penyebabnya.

“Opini saya partisipasi warga itu dipengaruhi beberapa faktor, misalnya masa depan pemilih apakah akan tergantung Pilkada? Jadi ini warga merasa rugi atau untung kalau nyoblos,” imbuhnya.

Selain itu, isu yang disebarkan terkait Pilkada juga akan mempengaruhi. Termasuk juga figur yang ikut Pilkada, menurut Gus Ipul, ikut menggerakkan keinginan warga untuk memilih.

“Saya yakin warga tahu semua kok kalau ada Pilkada. Jadi mungkin banyak warga yang merasa sudah merasa terwakili warga lain menggunakan hak pilihnya,” tandasnya.