Paperquilling, Kerajinan Unik Melinting Kertas

0
603
Contoh produk Wellden (istimewa)

MALANGVOICE – Paperquilling atau kerajinan melinting kertas memang tidak sepopuler scrapbook. Namun, peminat paperquilling terlihat semakin meningkat dan menjadi peluang bisnis yang menarik.

Wellden! Gift and Souvenir misalnya, meski baru beberapa bulan beroperasi sebagai toko souvenir dan kado unik berbasis online, produk paperquilling Wellden menarik banyak pelanggan.

Contoh produk Wellden 2Menurut Kun, owner ‘Wellden! Gift and Souvenir’pertama kali ia mempromosikan karyanya di sosial media, pesanan banyak berdatangan.

“Saat itu langsung ada 6 pesanan dari teman-teman saya di BBM. Akhirnya terus berlanjut setelah saya posting foto-foto lain di Line, Facebook dan Instagram,” katanya kepada MVoice.

Menurutnya kerajinan paperquilling sangat cocok untuk dipakai sebagai hadiah ulang tahun, pernikahan, kelahiran, dan mahar. Motifnya juga bermacam-macam antara lain bentuk teardrop, petal, loose curl, S curl dan sebagainya.

“Penempatan motif juga ada di dalam tulisan/letter dan di sekeliling tulisan/letter,” tambahnya.

Untuk proses pembuatan, Kun sengaja membeli bahan baku dan memilih kertas lembaran yang ia potong-potong sendiri. Selain lebih hemat, ia jadi leluasa menyesuaikan ukuran.

Contoh produk Wellden 3Di Wellden, pelanggan bisa memesan kustom ukuran paperquilling. Ada ukuran 30 x 40 dan 30 x 30, dimasukkan dalam frame 3D. Motif dan tema juga bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan atau disesuaikan dengan karakter penerima hadiah.

Paperquilling Wellden dibanderol Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu. Sebulan, Wellden bisa mendapat omzet kotor Rp 3 juta – Rp 5 juta.

Demikian, Kun merasa terkendala karena orang Indonesia masih belum banyak yang bisa mengapresiasi kreatifitas dan ide.

“Banyak yang ngerasa itu terlalu mahal. Mereka hitungnya dari harga bahan. Mungkin mereka berpikir saya buatnya tinggal bilang kun fayakun. Ini produk handmade yang memakan waktu dan pikiran,” tutupnya.

Produk papaerquilling Wellden bisa ditemui di Instagram @wellden_gift