Panwaslih Selevel Wali Kota, Muhammad: Jangan Takut Bertindak!

0
130
Prof Muhammad foto bersama komisioner Bawaslu Jatim dan komosioner Panwaslih Kota Batu usai pelantikan (fathul)
Prof Muhammad foto bersama komisioner Bawaslu Jatim dan komosioner Panwaslih Kota Batu usai pelantikan (fathul)

MALANGVOICE – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwasli) merupakan pejabat negara yang levelnya setingkat dengan wali kota dan wakil wali kota lama. Sehingga dihadapkan mereka tidak tunduk pada pejabat yang ada di daerahnya.

Hal itu diungkapkan Ketua Bawaslu RI, Prof Dr Muhammad MSi saat melantik tiga orang komisioner Panwaslih Kota Batu. “Jangan incumbent melanggar lalu lutut kalian gemetar,” tegas Muhammad di hadapan komisioner terpilih.

Menurutnya, level yang setingkat pejabat negara itu diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri Panwaslih sehingga tidak ragu memutuskan kesalahan penyelenggara dan peserta Pemilu.

“Kalau kalian ragu dengan jabatan ini, silahkan mundur. Satu kali dua puluh empat jam akan saya tunggu,” tegasnya lagi.

Meskipun ia mengatakan levelnya setingkat kepala daerah, namun Muhammad tidak menginginkan Panwaslih menjadi sombong. Jika bertemu kepala daerah, Kapolres, Kajari, harus menunjukkan integritas karena levelnya sama.

“Kepala daerah memamg berkewajiban menyediakan fasilitas dan dana untuk kepentingan Pilkada, tapi bukan dengan itu kemudian Panwaslih menjadi keder saat mereka maju mencalonkan diri,” tandasnya.