Pangdivif 2 Kostrad: Pers Ibarat Cermin

0
132
Mayjen TNI Benny Susianto SIP
Mayjen TNI Benny Susianto SIP

MALANGVOICE – Media dan jurnalis adalah cermin. Dari cermin itulah bisa berkaca, apakah sudah baik atau belum. Sehingga peran cermin sangat penting. Demikian diungkapkan Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Benny Susianto SIP, pada syukuran HUT ke-71 TNI dan silaturahmi dengan jurnalis.

“Demikian juga dalam melihat diri kita, sering kali luput dari kesempurnaan. Tapi melalui rekan-rekan jurnalis, kita bisa lebih jelas melihat diri kita, TNI kita, sudah benar atau belum,” tutur Benny pada acara yang digelar di Gedung Sandoyo Diviv 2 Kostrad, Singosari itu.

Oleh karena itu, sambungnya, kejadian di Madiun harus menjadi introspeksi. “Apa yang dilakukan prajurit-prajurit saya di sana. Itu kesalahan, itu menjadi keprihatinan seluruh prajurit TNI. Untuk itu, dengan jiwa besar, saya sampaikan permohonan maaf atas perilaku yang kurang pas.”

Tapi, Benny juga berharap semua bisa memahami, bahwa apa yang terjadi itu bukan sesuatu yang disengaja, tapi dinamika yang muncul di lapangan, yang seringkali sulit diprediksikan.

“Perlu saya yakinkan juga pada teman-teman jurnalis, atas perbuatan prajurit saya itu, anda laporkan atau tidak, tetap akan saya proses, karena kami ingin jujur mengoreksi diri dan mempertanggungjawabkan apa yang sudah kami lakukan,” tegasnya.

Untuk mencapai kesempurnaan, tambah jenderal bintang dua itu, maka harus jujur, berani dan ikhlas. “Jadi saya akan proses atas kesalahan yang sudah dilakukan prajurit saya secara hukum. Karena kalau tidak diproses, justru saya yang salah, karena hukum adalah bagian dari pembinaan, agar selanjutnya menjadi lebih baik.”

Pada bagian lain, dalam suasana yang cukup akrab itu panglima juga mengingatkan pentingnya meningkatkan komunikasi. Apapun persoalannya, bila dikomunikasikan dengan baik, pasti bisa selesai dengan baik.

Sebab itu, ke depan, jajarannya akan mengadakan kerjasama berkala dengan kalangan jurnalis, demi menjalin komunikasi yang baik dan meningkatkan silaturahmi.