Owner Soak Ngalam: Awali Usaha Dengan 4W + 1H

0
160
Workshop Bisnis bertemakan 'Ayo, Berani Berwirausaha' di Aula D, lantai 3 Gedung Manajemen FE UB. (Anja)
Workshop Bisnis bertemakan 'Ayo, Berani Berwirausaha' di Aula D, lantai 3 Gedung Manajemen FE UB. (Anja)

MALANGVOICE – Mengubah mindset karyawan untuk beralih menjadi wirausahawan, atau mahasiswa kerja sampingan wirausaha, tentu membutuhkan keberanian yang besar. Butuh tips dan trik untuk memulai darimana. Pun bagaimana menempuh menuju jalan tersebut.

“Awali wirausaha dengan 4W 1H (Why, What, Who, Where, How). Usia, modal, jenis, macam usaha, dan lokasi, bukan penghalang wirausaha. Tapi takut memulai dan takut mencoba menjadi halangan terbesarnya. Ide usaha timbul dari pengamatan, kebutuhan, kegagalan, keberhasilan, dan lainnya,” papar pemilik Soak Ngalam, Tjandra Purnama Edhi dalam Workshop Bisnis bertemakan ‘Ayo, Berani Berwirausaha’ di Aula D, lantai 3 Gedung Manajemen FE UB, hari ini.

Menurutnya, usaha harus disesuaikan kemampuan/bakat, berkelanjutan, sistem yang baik dan berkembang bila memiliki tujuan.

Tjandra menambahkan, tak mudah menuangkan ide dan konsep 4W 1 H, bahkan harus berani mengulang untuk mendapatkan hasil sempurna ke depannya.

“Tuangkan ide tertulis. Lalu jawab, jabarkan, analisa dan hitung 4W 1H, buat project percontohan dan analisa. Jika gagal, berani mengulang tahap awal. Gunakan ilmu ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), yang memiliki kelebihan sangat mudah