Orang Kreatif Harus Pantang Malu

0
37
Berpikir Kreatif (iStock)

MALANGVOICE – Anda bisa menjadi lebih kreatif asal memiliki kebiasaan yang tepat. Berpikir kreatif adalah proses yang panjang. Orang-orang kreatif cenderung mengekspos ide-ide mereka dan tidak merasa malu. Di sini mereka tidak merasa jaim (jaga image).

Faktanya, kreativitas adalahs sebuah proses panjang menhubungkan titik-titik ide sebelumnya. Jadi kreatif bukanlah kemampuan untuk menemukan ide secara instan melainkan ide yang didapat dari mengumpulkan informasi, pengalaman, dan menjembatani ide-ide kecil lainnya yang kemudian di hubungkan menjadi satu kesatuan.

Jangan takut apabila ada orang yang menghakimi atau menjatuhkan ide kreatif Anda. Pada dasarnya, tidak semua ide itu bisa diterima semua orang. Gunakan kritik dan nasehat dari orang lain untuk memperbaiki atau memperbaiki ide yang ada. Jadi jangan takut diejek, malu, atau dipermalukan.

Contohlah Einstein yang karyanya sempat dikritik dan ditolak. Meski ditolak, ia tidak berkecil hati. Dia terus bekerja mengikuti ide kreatifnya. Dengan berjalannya waktu, banyak ilmuwan melihat validitas dan kecermelangan dari pekerjaan Einstein.

Ingat, ini adalah resiko setiap orang untuk dihakimi dan diejek. Tapi jangan sampai hal tersebut memperlambat bahkan menghentikan Anda dari menelurkan ide-ide baru. Membiasakan diri Anda untuk nyaman pada lingkungan tak nyaman haruslah dimulai dari sekarang.

sumber: lifehack.org