Operasi Zebra Berakhir, 680 Kendaraan Ditilang Polres Batu

0
27
Kasatlantas M Amin. (fathul)

MALANGVOICE – Operasi Zebra Semeru 2015 sudah berakhir, kemarin, dan Polresta Batu telah menilang sedikitnya 680 pemilik kendaraan bermotor.

Ratusan pengendara yang ditilang rata-rata melanggar tidak memakai helm dan tidak memiliki SIM. Sebagian karena tidak membawa STNK, tidak memiliki plat sesuai standar Ditlantas, dan murid sekolah berboncengan tiga.

Kasatlantas Polresta Batu, AKP M Amin menjelaskan, pada minggu pertama Operasi Zebra, pihaknya menerapkan simpatik. Artinya, setiap pelanggar hanya diberi peringatan atau teguran agar tidak mengulangi perbuatannya.

“Baru minggu kedua kami lakukan tilang. Kalau keseluruhan kami terapkan tilang, mungkin akan ada seribuan. Tapi kami juga memberi pelajaran kepada masyarakat dengan operasi simpatik itu,” jelas Kasatlantas.

Sementara roda empat yang ditilang, karena tidak memperpanjang STNK dan diduga disebabkan kredit macet. “Kalau dugaan pencurian sejauh ini tidak ada,” tutur Amin.

Ia masih menunggu waktu untuk mengidentifikasi kendaraan yang saat ini diamankan di Mapolresta Batu. Jika tidak diambil oleh pemiliknya, kepolisian akan memeriksa apakah ada indikasi ke arah pencurian atau tidak.