On The Job Learning, Tiga Guru Malang dikirim ke Papua

0
101
Guru mengajar siswa (anja)

MALANGVOICE – Dalam rangka pemerataan kualitas guru dan pembelajaran di sekolah, tiga guru dari Kota Malang akan menjalani pertukaran guru. Mereka ditempatkan di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) mengikuti program On The Job Learning (OJL) yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Program OJL ini diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia yang salah satunya di Kota Malang.

“Semacam pertukaran guru. Guru dari daerah 3T ke Malang, dan sebaliknya. Guru dari Malang pergi ke daerah luar sana,” kata Kasi Kurikulum Bidang Dikmen Dinas Pendidikan Kota Malang, Budiono kepada MVoice.

Dia menambahkan, saat ini tiga guru yang dikirim ke Irian Jaya yaitu Yanuar Tanti dari SMAN 9 Malang, Islamiyati Setyaningsih dari SMAN 1 Malang, dan Ahmad Supriyadi dari SMAN 3 Malang.

Mereka akan diberangkatkan pada tanggal 1-8 Agustus untuk melakukan pembelajaran di lokasi tersebut sekaligus melakukan observasi kelas. Tujuan observasi itu adalah untuk mencari permasalahan-permasalahan di kelas selama proses pembelajaran. Kemudian guru harus mencarikan solusi.

“Solusinya ya semisal bisa membuatkan metode pembelajaran yang menyenangkan dan efektif untuk sekolah di sana. Selanjutnya, metode itu bisa diimplementasikan guru asli sekolah itu,” kata dia.

Saat ini ketiga guru pertukaran itu masih dalam proses pembinaan di Jakarta.

Budi mengatakan, guru yang terpilih bukan guru sembarangan, melainkan mereka yang punya kemampuan dan kemauan yang tinggi.