OJK Siapkan Asuransi Hasil Produk Pertanian dan Peternakan

0
94
Wakil Ketua OJK, Rahmat Waluyanto,l fathul)
Wakil Ketua OJK, Rahmat Waluyanto,l fathul)

MALANGVOICE – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI tengah menyiapkan program asuransi untuk hasil pertanian dan peternakan. Hal itu untuk menjamin petani meningkatkan produksi pertanian, baik pangan maupun sayur-sayuran, buah, dan susu dari peternak.

Wakil Ketua OJK RI, Rahmat Waluyanto, menegaskan, jika semua direncanakan dengan baik maka OJK tidak akan ragu mengkoordinasikan bantuan dari perusahaan jasa keuangan terkait pertanian dan peternakan yang ada di Pujon Kidul.

“Kita kaitannya dengan pembiayaan dari bank, jadi nanti bisa diberikan untuk pembiayaan asuransi yang diminta petani. Mulai pembibitan, pemeliharaan tanaman, menjaga kesehatan ternak, itu bisa,” ungkap Rahmat kepada wartawan usai berkunjung ke Pujon Kidul.

Rahmat sendiri melihat bantuan pembiayaan dari bank digunakan dengan baik sehingga membuat Pujon Kidul maju. Bahkan, lanjutnya, desa ini dapat dijadikan desa percontohan dalam hal pemanfaatan pembiayaan. Sehingga dapat menginspirasi desa lainnya.

“Kalau desa lain mencontoh, maka desa-desa di Seluruh Indonesia ini akan maju. Makanya tadi kita juga dukung adanya Program Laku Pandai yang memudahkan masyarakat menggunakan ATM karena fasilitas itu ada di agen bank di desa,” tambahnya.

Ia juga berjanji akan terus mendorong industri keuangan melakukan pembiayaan ke desa-desa. Dari OJK sendiri, akan memberikan kemudahan aturan-aturan supaya lebih kondusif sehingga dapat memberikan kredit mikro lebih banyak kepada masyarakat.