Oalaaa, Begini Cara Merawat Kaktus

0
242
Kaktus lucu di Drosopila Florist
Kaktus lucu di Drosopila Florist (anja)

MALANGVOICE – Ada yang berpendapat kalau memelihara tanaman kaktus itu mudah-mudah sulit. Dibilang mudah karena perawatannya sederhana dan tidak rutin. Sebaliknya, merawat kaktus menjadi sulit jika Anda kurang memahami karakteristik kaktus. Alhasil, kaktus malah busuk dan mati.

Ini dia tips merawat kaktus dari Owner Drosopila Floris, Andhika Gilang

1. Jangan Berlebihan Menyiram
Jangan menyiram terlalu rutin. Ini adalah kesalahan fatal, karena tanaman kaktus tumbuh di habitat kering. Tanaman kaktus memiliki kemampuan menyimpan cadangan air yang banyak di daunnya yang menggembung.

2. Cukup Sinar Matahari
Kaktus menyukai sinar matahari seperti di habitat aslinya yaitu gurun pasir yang panas dan memiliki sirkulasi udara. Kaktus tidak suka keadaan tempat lembab.

3. Pemilihan Bibit Kaktus dan Penanaman
Bibit kaktus dapat ditanam dari biji atau dari anakan sendiri. Bibit ini dapat dijumpai di toko tanaman hias. Cara menanamnya bisa dengan media pot atau tanah langsung.

4. Diangin-anginkan dan Penyemprotan
Jika kaktus ditaruh di dalam ruangan, dalam 3 hari sekali taruh kaktus di luar agar terkena angin. Menyiram kaktus juga harus melalui penyemprotan menggunakan botol spray. Lakukan penyiraman saat pagi atau sore.

5. Pemupukan Kaktus
Pupuk kaktus harus menggunakan pupuk organik (NPK).

6. Mengganti Media Tanam
Media tanam pada tanaman kaktus harus diganti jika kaktus tidak menunjukkan pertumbuhan sama sekali. Caranya, buang media tanam lalu gunting semua akar halus pada tanaman kaktus. Keringkan 1-2 minggu di tempat yang cukup matahari. Setelah tanaman kaktus dibersihkan, kaktus ditanam lagi menggunakan media tanam yang baru. Biarkan selama 2-3 minggu tanpa disiram air. Setelah 3 minggu, boleh disiram lagi.