Oalaaa, 3 Jurusan SMK Ini Sepi Peminat

0
88
siswa SMK (anja)
siswa SMK (anja)

MALANGVOICE – Beberapa program keahlian di sejumlah SMKN di Kota Malang belum terpenuhi pagu (kuota) nya, sehingga harus membuka pendaftaran kembali dan tidak lagi menggunakan PPDB online.

Sejumlah sekolah itu adalah SMKN 5 dengan program keahlian Produksi Kriya Keramik dan Produksi Kriya Kayu. SMKN 7 dengan program keahlian Analis Kimia. Lalu SMKN 13 program keahlian Pengolahan Hasil Pertanian.

Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Malang, Budiono, mengatakan, pendaftaran sudah dibuka sejak 2 Juli lalu hingga batas MOPDB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru) dimulai.

“Jika pagu belum terpenuhi, maka sekolah hanya membuka kelas yang ada dengan jumlah rombongan belajar minimal. Misalnya tahun lalu ada 6 siswa minimal, lalu yg mendaftar ada 12, ya berarti satu kelas hanya 12 siswa,” katanya kepada MVoice.

Ia menambahkan, ada beberapa faktor kenapa 3 jurusan itu kurang peminat. Salah satunya kurang sosialisasi, sehingga orangtua dan siswa tidak tahu peluang dan manfaat jurusan itu di masa depan.

“Padahal siswa lulusan jurusan Analis Kimia itu banyak dicari lho, cuma masyarakat gak banyak yang tahu,” katanya lagi.

Selain itu, kurangnya peningkatan fasilitas dan modernisasi di sekolah menyebabkan siswa dan orangtua enggan memilih jurusan itu.