Nyanyian Lansia Indonesia Bersama KKN 134 UMM

0
45

MALANGVOICE – Mengabdi kepada masyarakat merupakan salah satu pesan tri dharma perguruan tinggi kepada mahasiswa di seluruh penjuru negeri. Sebagai tokoh yang akan terjun ke masyarakat, mahasiswa harus bisa membaca keadaan, menemukan permasalahan dan membantu mencari solusinya.

Lansia2Mengabdi di Dusun Kalisangkrah, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo,Malang, KKN 134 UMM mengadakan penyuluhan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) pada Senin, 01 Agustus 2016 lalu. Bergabung bersama acara halalbihalal lansia di Posyandu Lansia Pendowo, Dusun Ngrendeng Desa Sumberoto, penyuluhan TOGA menjadi meriah dan disambut antusiasme para lansia dan beberapa undangan dari pihak penanggung jawab Program Posyandu Lansia maupun tenaga kesehatan dari Puskesmas Donomulyo.

Penyuluhan TOGA digagas untuk meningkatkan taraf kesehatan keluarga terutama lansia (lanjut usia) di kecamatan tersebut. Acara ini diprakarsai oleh divisi kesehatan KKN 134 UMM yang merupakan benang merah dari program kerja Home Visit.

Lansia3Berdasarkan data dari hasil Home Visit dari rumah ke rumah, banyak lansia yang masih sehat dan mampu bekerja di usia 70 tahun keatas. Penyakit yang diderita pun bukan penyakit berat melainkan penyakit bawaan usia.

Sebagian besar warga di beberapa dusun yang telah dikunjungi sering terjangkit penyakit ringan seperti flu, batuk, sakit kepala ataupun pegal di bagian tubuh tertentu.

Halini ditangani warga dengan meminum obat-obat warung yang biasa dijual. Penyuluhan TOGA dirasa sangat perlu untuk mengurangi konsumsi obat berlebihan mengingat tenaga kesehatan yang kurang di beberapa desa di kecamatan Donomulyo.

Lansia4Di akhir penyuluhan, beberapa tanaman TOGA seperti mahkota dewa, dewandaru, kayu putih dan salam diberikan kepada warga. Harapannya adalah warga dapat menanam sendiri dan dapat memanfaatkan tanaman tersebut sebagaimana dijelaskan dalam materi penyuluhan.

Meningkatnya kesehatan keluarga merupakan harapan bersama para lansia, tamu undangan dan mahasiswa KKN yang hadir memenuhi Posyandu lansia hari itu. Hal initercermin dari gema lagu yang dilantunkan para lansia, “Lansia-lansia Indonesia. Tua-tua masih berguna…”. Tidak peduli tua ataupun muda, lagu ini mempunyai ruang tersendiri di benak para tamu.

Lansia5

Harapannya, penyuluhan yang dilakukan membawa manfaatdan mampu mewujudkan harapan para lansia di kecamatan Donomulyo.