Nyalon Wali Kota, Gus Udyn Bawa Konsep ‘Batu Membangun’

0
34
Muhyiddin (kiri) saat berada di Kantor PKB Batu (fathul)

MALANGVOICE – Pendaftar Calon Wali Kota Batu dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhyiddin, serius akan memenangkan pencalonan. Dengan konsep ‘Batu Membangun’, Muhyiddin, bertekad membawa perubahan baru di kota apel itu.

“Selama ini yang membangun Batu adalah pimpinannya, orang-orang tertentu. Karena konsepnya ‘membangun batu’. Ingin membangun ini itu dan sebagainya tapi masyarakat Batu gak dilibatkan,” papar lelaki yang akrab disapa Gus Udyn ini.

Dengan konsep Batu Membangun, maka seluruh elemen masyarakat akan dilibatkan dalam pembangunan. Karena dasar pembangunan adalah masyarakat sehingga pelibatan mereka menjadi penting.

“Batu harus menjadi subyek, Batu yang bergerak membangun. Jadi Batu ini bukan obyek lagi. Kalau sekedar dijadikan obyek, hasilnya adalah keinginan orang lain yang menjadi subyek,” imbuh lelaki asli Batu ini.

Ke depan, pemerintah kota harus benar-benar memfasilitasi warganya untuk berkembang menuju sejahtera. Pendidikan harus merata dari mutunya, bukan hanya pembangunan fisik. Sekolah Dasar yang ada di Sumberbrantas misanya, lanjut Udyn, harus sama mutunya SD di Sisir atau Ngaglik.

“Pertanian tetap menjadi andalan di sini karena setelah saya keliling, 70 persen warga adalah petani. Baik petani konvensional ataupun petani modern, sama-sama diakomodir,” tandas lelaki yang menginspirasi pembentukan komunitas Konco Udyn ini.