Naskah UN Tiba, Langsung Didrop di Polres Batu

0
23
Para kepala sekolah saat memilah soal UN yang nanti akan diambilnya saat jadwal UN berlangsung (fathul)

MALANGVOICE – Naskah Ujian Nasional untuk siswa SMA/MA/SMK di Kota Batu telah tiba. Puluhan boks naskah ini langsung didrop di Polres Batu untuk diamankan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pengiriman naskah.

Seluruh kepala sekolah yang mendapat jatah soal ini langsung melakukan pemilahan soal UN dipandu pihak Dinas Pendidikan dan masing-masing Ketua Rayon Pendidikan. Pemilahan ini ditentukan masing-masing sekolah dan mata pelajarannya.

“Informasinya naskah ini datang dari Jasindo di Sidoarjo, langsung ditaruh di gudang Polres. Ini sesuai kesepakatan rapat kami bersama seluruh stakeholder kependidikan terkait UN,” ungkap Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Made Suardika.

Saat pelaksanaan UN nantinya, pihak sekolah yang akan mengambil naskah ke Polres setiap hari pukul 06.00 WIB. Jadi tidak diperkenankan seluruh naskah pelajaran dibawa sekaligus demi menjaga kerahasian soal.

“Jadwal UN sudah kami pegang, tapi yang datang ini hanya naskah untuk SMA sederajat. Karena UN SMA dilaksanakan terlebih dahulu. Sementara dropping naskah UN SMP kami masih menunggu jadwal. Rencananya nanti akan sama didrop di Polres,” sambung Made.

Peserta UN untuk tingkat SMA Negeri sebanyak 878 siswa, sedangkan SMA Swasta 429 siswa. Kemudian tingkat SMK Negeri berjumlah 491 siswa, dan SMK Swasta berjumlah 614 siswa. Sehingga jumlah naskah total yang disesuaikan siswa yang ikut UN 2.412 siswa.