Naruto Hantarkan Toriq Jadi Pengusaha Beromzet Rp 40 Juta per Bulan

0
4
Toriq Harsono di stan pameran di @MX Mall. (shuvia)

MALANGVOICE – Ide bisnis tak perlu sulit. Cukup manfaatkan apa yang dipunya lalu kembangkan. Prinsip itu dilakukan oleh Toriq Harsono, Owner Cosplay Center Indonesia (CCI). Bisnis yang diawali dengan menjual koleksi aksesori cosplay di tahun lalu membuatnya kini bisa meraup omzet kotor sekitar Rp 30 juta hingga Rp 40 juta per bulan.

Ditemui MVoice di pameran di @MX Mall,Toriq mengatakan, bisnis berjualan aksesoris dan kostum cosplay dimulai sejak tahun lalu, tepatnya setelah lulus SMA. Awalnya ia adalah pelajar biasa yang gemar mengoleksi pernak pernik berbau Naruto. Masalah timbuh ketika koleksinya bertambah banyak dan ruang yang dimilikinya terbatas.

“Akhirnya beberapa koleksi coba saya jual. Ternyata respon bagus. Akhirnya saya seriusi bisnis ini,” kata Toriq.

Jika saat ini bisnis online makin marak, Toriq justru memilih untuk menyeriusi bisnis offline. Ia pun membuka toko disejumlah daerah, mulai dari Malang, Surabaya, Lamongan, Pasuruan hingga Jogjakarta.

Jika sebelumnya ia hanya menjual kembali pernak pernik yang dibelinya impor, kini ia pun mulai melakukan produksi sendiri terutama untuk pakaian ready to wear bertemakan tokoh anime.

“Pabriknya ada di daerah jalan Akordion. Untuk pakaian seperti baju, jaket dan t-shirt diproduksi sendiri. Tapi kalau pernak pernik berbahan logam seperti gantungan kunci, atau pedang mainan dari tokoh anime, saya impor,” kata dia.

Dari beberapa produk yang ditawarkan Toriq, sejauh ini kaos, jaket dan juga kemejalah yang paling banyak peminatnya, terutama jika mengandung karakter Akatsuki. Pakaian dari musuh bebuyutan Naruto itu dinilai paling memenuhi selera konsumen.

“Warnanya hitam sehingga banyak yang cocok. Kostum yang sebenarnya dalam bentuk jubah panjang. Tapi kan tidak mungkin sehari-hari pakai jubah, jadi banyak yang suka dalam bentuk jaket. Desainnya juga eye catching. Sekali lihat, orang bisa langsung tahu kalau itu kostumnya Akatsuki,” urai dia panjang lebar.

Fashion item bergaya anime yang ditawarkan Toriq dijual dengan harga bervariasi. Mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribuan. Harga Rp 100 ribu biasanya disematkan pada produk kaos.

“Selain Naruto dengan Akatsuki, ada juga karakter yang masih populer sampai sekarang yaitu dari serial One Piece,” jelas dia.