Nama Mirip, Desa di Ampelgading Sempat Tidak Diakui Negara

0
40
Muslimin (fathul)

MALANGVOICE – Gara-gara punya kesamaan nama dengan desa lainnya, Desa Taman Asri, Kecamatan Ampelgading, sempat tidak diakui negara, sehingga dicoret namanya dari sistem administrasi.

Desa yang bernama mirip dengan Taman Asri adalah Desa Taman Sari yang juga berada di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Namun saat ini Desa Ampel Asri sudah didefinitifkan kembali oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo.

“Pemkab Malang sudah menerbitkan Perda Penetapan Desa. Perda ini yang jadi dasar Mendagri menginstruksikan supaya Desa Taman Asri kembali berstatus definitif,” ungkap Ketua Pansus Raperda Penetapan Desa, Muslimin.

Ia menjelaskan, status desa Ampel Asri yang tidak diakui berakibat pencairan dana desa yang digulirkan Kementrian Desa, Transmigrasi, dan Daerah Tertinggal gagal. Karena itu pengembalian nama desa ini berarti penting bagi masyarakat di sana.

“Pembuatan Perda Penetapan Desa juga atas permintaan Mendagri sehingga desanya bisa definitif. Dari kemarin memang secara administrasi, Desa Ampel Asri kesulitan karena tidak ada diakui, termasuk dana desa,” tutupnya.