Musrenbangkot Batu Jangan Hanya Formalitas

0
5
Cahyo Eddy Purnomo (fathul)

MALANGVOICE – Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Kota Batu diharapkan tidak sekadar menjadi formalitas penyusunan rencana prioritas pembangunan, tapi harus berorientasi pada kemampuan kerja, sehingga kesepakatannya bisa dilaksanakan.

Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Eddy Purnomo, menyatakan, keterlibatan masyarakat dalam perencanaan pembangunan sebenarnya sangat vital. Karena Musrenbang tingkat kota juga dimulai dari Musrenbang tingkat desa, sehingga usulan dari bawah bisa harus diprioritaskan.

“Dalam PP Nomor 8 Tahun 2008 sudah di jelaskan skala prioritas pembangunan, seperti perbaikan infrastruktur, stabilitas politik, optimalisasi kamtibmas, peningkatan ekonomi, pelayanan dasar masyarakat, hingga lingkungan hidup,” ungkap politi PDIP itu.

Kesemua prioritas harus didasarkan pada kepentingan masyarakat sehingga kemiskinan dan pengangguran tidak terjadi. Lelaki yang khas dengan kumis tebal ini juga memaparkan beberapa proyek yang sudah direncanakan namun belum dilaksanakan. Karenanya, Cahyo berharap serius merencanakan pembangunannya.

“Ada revitalisasi pasar yang belum dikerjakan, lalu kereta gantung, rest area, belum ada hasilnya juga. Semua rekomendasi juga sudah kami berikan secara resmi ke Bappeda supaya disempurnakan dalam Musrenbangkot,” tambah Cahyo.

Ia juga berpesan kepada pemerintahan yang akan datang dapat melanjutkan rencana pembangunan yang digagas Pemkot saat ini. Rencana pembangunan jangka menengah harus menjadi acuan pembangunan di masa mendatang.