Munas Apeksi, Pemkot Malang Bawa Rombongan SKPD

0
115
Munas Apeksi di Jambi

MALANGVOICE – Pemerintah Kota Malang sangat serius dalam menghadiri Munas Apeksi V di Jambi, tahun ini. Selain Wali Kota Malang, HM Anton yang langsung hadir, beberapa SKPD seperti, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas, Bagian Pemerontahan, Bagian Umum, Bagian Kerjasama, Staf Ahli, Camat dan Lurah hadir agar bisa menangkap beberapa pesan dan rekomendasi yang akan lahir dari Munas ini.

Munas3

Anton, mengatakan, kehadiran beberapa SKPD ini cukup penting, karena Munas berkaitan dengan dunia tata kelola organisasi pemerintahan kota. Beberapa rekomendasi dan usulan yang lahir pada Munas nanti, diharapkan mampu menjadi bahan dalam pembahasan di rapat kerja mereka.

“Munas Apeksi ini sangat positif sekali, karena itu beberapa SKPD terkait kami ajak agar bisa membawa manfaat positif bagi Pemkot Malang,” kata Anton.

Munas

Anton menambahkan, hadirnya para Kepala SKPD dalam Munas ini juga sangat strategis, karena pada tahun mendatang Pemkot Malang sedang berupaya agar bisa menjadi tuan rumah dalam perhelatan Apeksi tahun depan. “Kita sedang berupaya agar menjadi tuan rumah acara Apeksi tahun depan,” tukasnya.

Selain itu, ia juga berharap agar setelah acara Munas Apeksi ini, terdapat sinergitas antara Pemkot Malang dan pemerintah kota daerah lainnya, sehingga bisa menyelesaikan problem perkotaan secara bersama dengan baik demi kepentingan masyarakat.

Munas4

Sementara itu, tuan rumah acara yakni Wali Kota Jambi, Irsyad Fasha, mengatakan, dalam Munas Apeksi kali ini ada 69 wali kota yang hadir, sedang sisanya yakni 19 daerah diwakili wakil wali kota dan 9 daerah tidak bisa berpartisipasi karena berhalangan.

Dalam sambutannya, Irsyad Fasha, mengatakan pada tahun 2010 sampai tahun 2030 akan ada bonus demografi di wilayah perkotaan, sehingga perlu ada antisipasi bagi pemerintah kota melalui Munas Apeksi ini.

“Apakah bonus demografi ini merupakan tantangan atau keuntungan, kita akan bahas strateginya pada momen Apeksi kali ini,” kata Irsyad Fasha.

Selain itu, antar pemerintah kota saat ini harus mengubah mindset dari kompetisi menjadi kolaborasi, sehingga di era desentralisasi dan demokrasi ini, bisa membawa dampak positif bagi masyarakat di bawah pemerintah kota.

Ketua Apeksi, Vicky Lambetu, menginformasikan dalam Munas ini akan ada beberapa narasumber dari beberapa kementerian yang nantinya akan membawa pencerahan bagi para wali kota, apalagi saat ini pemerintah kota sedang dihadapkan adanya UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan UU No 5 Tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengubah sendi pemerintahan.

“Dalam Munas ini nanti akan dipilih Ketua Apeksi baru, sekaligus ada rekomendasi dari kami untuk Indonesia,” ungkapnya.

Gubernur Jambi, Zumi Zola, menyambut baik adanya Munas Apeksi di Jambi tahun ini. Bahkan berkenaan dengan kolaborasi antar pemerintah kota, Pemprov Jambi siap memfasilitasi hal itu.