Mukercab Gapensi Fokus Peningkatan Profesionalisme

0
5
Eddy Wahyono (kanan) bersama Ketua BPP Gapensi.

MALANGVOICE- Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kota Malang menggelar Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab), sebagai evaluasi kinerja pengurus di pertengahan periode, di Best Western OJ Hotel. Forum penting itu juga bakal menyikapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang berlaku mulai Januari 2016 mendatang.

Ketua Gapensi Kota Malang, Eddy Wahyono, kepada MVoice, beberapa menit lalu mengatakan, Mukercab merupakan mekanisme yang selalu dilakukan pada pertengahan periode kepengurusan. Selain ada evaluasi, juga ada program kerja untuk setengah periode ke depan.

Dalam hal evaluasi, tutur Eddy, sudah banyak yang dilakukan, mulai dari menjalankan program yg sudah digariskan sebelumnya, sampai sosialisasi aturan-aturan baru. “Nah, forum Mukercab kali ini tentu sangat penting, terkait implementasi MEA, Januari 2016 mendatang,” katanya.

Dia berharap semua anggota Badan Pengurus Cabang (BPC) Gapensi Kota Malang semakin meningkatkan profesionalismenya. “Tantangan ke depan sangat berat, terutama menyangkut persaingan bebas yang terkandung dalam MEA,” katanya.

Dia menunjuk kehadiran investor asing di beberapa daerah, termasuk Jakarta, yang diikuti SDM (sumber daya manusia). “Jadi investor asing tidak hanya datang uangnya saja, tapi sekaligus tenaga kerja mulai manajemen sampai tenaga kasarnya. Ini tidak terelakkan, karena terkait profesionalisme tadi,” tambahnya lagi.

Sebab itu, forum Mukercab kali ini benar-benar sangat strategis untuk membahas berbagai hal, substansinya mengantisipasi dan meminimalisasi MEA effect itu. Di satu sisi, SDM kita jangan bermalas-malasan lagi, terus tingkatkan profesionalisme. Di sisi lain, pemerintah juga perlu membuat regulasi yang bisa memproteksi. “Kalau tidak, habis kita!” sergahnya.

Sementara itu Sekretaris BPC Gapensi Kota Malang, Bambang Sumarto, membenarkan hal itu. Sebab itu, kata dia, komisi-komisi yang akan bersidang di Mukercab kali ini harus bekerja optimal. Setengah period eke depan harus mampu menjawab tantangan-tantangan global itu.

Bambang Sumarto yang pada Mukercab kali ini bertugas sebagai pimpinan siding, juga menekankan perlunya meningkatkan profesionalisme anggota Gapensi. “Kami berharap Mukercab kali ini mampu menghasilkan out put yang mampu menjawab tantangan zaman,” katanya.