Mudik Lebaran, Tiga Terminal di Kota Malang Dipantau Ketat

0
75
Kepala Dishub, Kusnadi

MALANGVOICE – Arus mudik Lebaran yang diprediksi mulai hari ini, menjadi sorotan khusus Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang.

Kepala Dishub, Kusnadi, mengatakan, pihaknya kini tengah serius memantau tiga terminal besar, masing-masing Arjosari, Landungsari dan Hamid Rusdi.

Menurutnya, tiga terminal itu merupakan jujugan bagi para pemudik yang akan meninggalkan atau menuju Kota Malang.

“Tiga terminal itulah yang kami pantau ketat, kami juga sudah melakukan sidak bersama Forkopimda,” kata Kusnadi, beberapa menit lalu.

Dijelaskan, Dishub tidak main-main dengan keselamatan para pemudik yang hendak berangkat dari Malang. Ia mencontohkan, saat sidak kemarin, dua bus dari perusahaan berbeda terpaksa tidak boleh beroperasi dan harus menurunkan penumpang karena kondisinya tidak layak jalan baik secara fisik maupun administratif.

“Satu bus ada yang kaca depannya pecah dan satu bus izin trayeknya bermasalah, jadi kami turunkan kemarin penumpangnya dan perusahaan kami minta bayar uang tiketnya kembali,” tegas Kusnadi.

Tim dari Dishub sebanyak 30 personel akan disebar merata di tiga titik terminal itu guna memantau dan mengamankan langsung proses arus mudik yang terjadi hingga hari- H Lebaran nanti.

“Hari Jumat, Sabtu dan Minggu kami prediksi merupakan puncak arus mudik sehingga kami harus bekerja ekstra keras sesuai instruksi kementerian,” tandasnya.