Moreno: Alihkan Waktu Nonton TV ke Membaca Buku

0
56
Moreno Soeprapto saat berkunjung ke perpustakaan sekolah (fathul)

MALANGVOICE – Banyak hal yang diharapkan anggota Komisi X DPR RI, Moreno Soeprapto, guna menggencarkan kegemaran membaca, terutama di kalangan siswa-siswi PAUD, TK, Sekolah Dasar, hingga SMP. Karena mereka ada dalam usia emas pendidikan.

Ia memaparkan, anak-anak sekarang sudah terkontaminasi media televisi yang banyak menyajikan konten tidak mendidik, sehingga harus segera dialihkan, agar lebih mencintai buku.

“Televisi itu menyajikan berbagai tayangan yang sebenarnya kita bisa memilih. Tapi lebih menarik televisi dari buku kan? Makanya harus digerakkan untuk beralih dari TV ke buku,” ungkap putra Tinton Suprapto itu.

Perpustakaan, lanjutnya, harus bersinergi dengan anggota Dewan dan kedinasan lain, agar dapat menggalakkan program gemar membaca, termasuk dengan cara meningkatkan sarana dan prasarana perpustakaan jenjang wajib belajar 9 tahun.

“Kita akan mencoba mengkomunikasikan dengan perpustakaan nasional supaya dapat mengalokasikan buku-buku ke Perpus di daerah. Termasuk dengan daerah, saya akan koordinasi antara pemerintah pusat dengan Pak Wali,” imbuhnya.

Di singgung mengenai kondisi Perpustakaan Kota Batu yang sedang mati suri karena belum ditentukan tempatnya, Moreno tampak kaget. Ia merasa, perpusda sangat penting keberadaannya.

“Nah ini perlu adanya jembatan antara pemerintah Batu dengan pusat. Supaya kita bisa menggiring penyediaan tempat perpusda secepatnya,” tandas politisi Partai Gerindra ini.