Mini Barista, Konsep Bekupon Coffee on The Road

0
94
Rio (anja)

MALANGVOICE – Mini barista yang ditampilkan di dalam mobil Jeep ini cukup unik, karena selain menyuguhkan segala macam jenis kopi dari Sabang sampai Merauke, pembeli bisa melihat proses pembutan kopi mulai dari biji hingga menjadi secangkir kopi.

Adalah Rio Pradana, seorang Barista penikmat kopi yang mengusung konsep Coffee Truck On the road.

“Tujuannya untuk mengenalkan kopi – kopi nusantara. Di indonesia ini banyak kopi enak dan berkualitas. Tapi belum banyak dikenal. Dengan konsep jualan di jalan, warga sekitar bisa menikmati aneka macam kopi tanpa harus ke kafe yang mahal,” papar pria yang akrab dipanggil Rio ini.

Menurut Rio, kopi nusantara memiliki cita rasa sendiri dibanding kopi-kopi dari negara lain. Ingin membuat kopi dengan dominan rasa asam, kopi rasa eksotis, after taste, aroma enak, atau gurih aduhai, tidak perlu impor kopi luar negeri.

“Karena semua rasa itu dimiliki kopi nusantara. Tinggal dikombinasikan saja, pasti memiliki cita rasa sediri,” kata dia.

Kopi yang disajikan Rio adalah kopi Aceh Gayuh, Medan Mandailing, Medan Lintong, Medan Sidikalang, Java Ijen, Lanang kopi, aneka espresso, Flores Bajawa, dan beberapa kopi nusantara lain.

kopiBagi penikmat kopi pemula, Rio merekomendasikan Bekupin Ice drip, kopi yang disajikan dengan es didalamnya dan dicampur krimer.

“Karena ini sensasinya berbeda,” kata dia.

Untuk cara penyajiannya, ada beberapa cara. Alat – alatnya juga tidak kalah lengkap.

“Pertama, manual seduh, espresso maker, ada juga Vietnam drip dan syphone coffee maker. Selain itu, ada coffee pot dan Turkish coffee pake ibrik, alat tradisional untuk menyeduh kopi,” katanya.

Saat ini Bekupon Coffee memiliki dua cabang, di depan ruko-ruko Sawojajar, dan cabang satunya di Ijen atau di Sukarno Hatta. Untuk harganya relatif murah, mulai dari Rp 5 ribu sampai Rp 15 ribu.

“Bukanya hanya malam hari jam 7 sampai 12 malam mbak, jadi buat arek – arek ngalam ngipok sek, cek gak edan,” tutupnya tersenyum.