Meski Maag, dengan Tips Ini Puasa Jadi Lancar

0
64
Jangan konsumsi makanan pedas (anja)
Jangan konsumsi makanan pedas (anja)

MALANGVOICE – Bagi penderita maag akut atau yang asam lambung berlebih, puasa bisa menjadi momok. Padahal, menurut dr Rahman Agus SpPD KEMD, puasa bisa jadi kesempatan memperbaiki organ lambung.

“Tapi minum obat maag atau obat kimia asam lambung tidak mengobati akar masalahnya,” kata Agus, saat di hubungi MVoice, pagi ini.

Menurutnya, obat hanya menghilangkan asam lambung saja. Dampaknya, karena asam lambung sedikit, saat makanan masuk, lambung harus kerja keras lagi mengkonsumsi asam lambung. Jangka panjang, obat-obatan hanya akan merusak dinding lambung.

Justru itu, tambahnya, puasa membantu mengistirahatkan organ pencernaan agar kembali fit setelah bulan puasa lewat.

Dia juha mengatakan, pada penderita maag kronis, upayakan agar kondisi lambung selalu basah saat puasa. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi minyak zaitun. Minyak itu akan mengondisikan lambung agar lebih basah.

“Sebaiknya dikonsumsi satu sendok makan sebelum tidur dan satu sendok makan sebelum makan sahur. Tapi konsumsi zaitun grade A ya. Itu akan membasakan lambung,” katanya.

Selain itu, ia menyarankan agar penderita maag berbuka puasa dengan makanan yang manis seperti madu dan kurma, tidak mengonsumsi santan, pedas, gorengan atau makanan lain yang memicu peningkatan asam lambung

“Kurma tidak mengandung gula jenis glukosa. Glukosa ini lambat dipecah oleh tubuh. Makanan yang mengandung glukosa misalnya nasi, malah bikin maag,” katanya.