Meski Banyak Longsor, Wisata Batu Dijamin Aman

0
22
Ilustrasi wisata di Kota Batu yang menjadi destinasi wisatawan tiap weekend (fathul)

MALANGVOICE – Beberapa hari ini banyak diberitakan terjadi longsor di wilayah Kota Batu dan sekitarnya. Namun Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud), Abdillah Alkaf, menegaskan, wisata di sana tetap aman dari bencana alam.

Menurut dia, bencana alam berupa longsor lebih banyak terjadi jauh dari kawasan wisata. Karena daerah wisata yang dibangun sudah mempertimbangkan berbagai segi sehingga dapat diantisipasi dari bencana.

Termasuk wisata Paralayang di Gunung Banyak, juga tidak ada bencana yang mengancam. “Insya Allah aman. Kami juga ikut memantau perkembangan bencana dari BPBD. Jadi pengunjung juga tidak akan berkurang” kata Abdillah optimis.

Hal itu ditegaskan pula oleh Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Batu, Achmad Choirur Rochim. “Kalau destinasi wisata di Kota Batu aman, karena bencana alamnya di luar area itu,” kata Rochim.

Rochim sendiri berjanji akan memberikan pelayanan secepatnya bila ada kawasan wisata yang mengalami bencana alam. Karena prioritas seluruh instansi di Kota Batu adalah mendukung wisata.

“Kalau tim kami selalu siap sedia untuk membantu warga. Apalagi jika longsor dan bencana lainnya terjadi di kawasan wisata. Kami akan memberikan kenyamanan pada wisatawan,” tandasnya.