Meriahnya Genderang Musik Patrol Garuda Putih…

0
101
Komunitas Garuda Putih (anja)

MALANGVOICE – Meriahnya musik Band Patrol selalu menarik perhatian pengunjung baik itu saat Car Free Day, Festival, dan acara kesenian lainnya.

Beraksi di CFD (anja)
Beraksi di CFD (anja)

Adalah Komunitas Garuda Putih (KGP), band patrol asal Sumberejo, Malang, yang selalu memikat. Bermula dari Iseng pada 2009 lalu, GKP kini memiliki 25 anggota aktif yang mahir bermain alat musik patrol.

“Kalau di kampung, aktivitas muda-mudi seperti Karangtaruna itu sudah umum. Disini kami ingin menciptakan kegiatan yang berbeda,” terang Markus Toysuta, Penanggung Jawab GKP kepada Mvoice.

Untuk program peremajaan, anggota KGP baik senior dan junior rutin berlatih setiap hari Rabu malam. Tiap anggota diajari untuk bermain lebih dari 2 instrumen musik patrol.

“Ini ada instrumen seperti gamelan, gong, genung, dung-dung, kendang dan rebana. Semua member harus bisa memainkan beberapa untuk antisipasi kalau pemain instrument satu tidak datang. Yang paling susah dipelajari itu dung-dung,” tambahnya

memainkan dung-dung (anja)
memainkan dung-dung (anja)

Selain itu, KGP banyak menoreh prestasi antara lain pada tahun 2015 lalu menjadi juara 2 pada kategori kekompakan dan dekorasi.

Masalah jam terbang, KGP sering diundang untuk mengisi acara-acara festival. Contohnya, Januari depan, KGP akan tampil di Jogja.

“Sebelumnya kita pernah tampil di Surabaya, kami diundang Ibu Risma,” tutupnya.