Menumbuhkan Semangat Usaha lewat Expo Kewirausahaan UMM

0
98
Pameran Kewirausahaan (Anja)

MALANGVOICE – Dalam rangka menciptakan wadah dan semangat kewirausahaan, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Expo Kewirausahan di Hellypad UMM, 14-15 Desember 2015.

Acara digelar oleh Kemahasiswaan bidang PKMA (Pengembangan Karir Mahasiswa dan Alumni) UMM ini, diagendaan rutin setiap tahun sejak 2014 lalu.

Juri pameran Firda (kiri), dan Titik (kanan)
Juri pameran Firda (kiri), dan Titik (kanan)

Pada acara ini, mahasiswa dan alumni UMM bisa memamerkan dan menjual usaha mereka mulai dari pakaian, makanan, minuman, jasa, dan kerajinan tangan.

Silvia Fitriani dari jurusan management, menjual jilbab, tas, dan pakaian. Kemudian Vrans Setiawan dari jurusan peternakan menjual reptil dan binatang peliharaan seperti kucing dan kelinci. Naviga Vanda dari jurusan teknik informatika menawarkan jasa modifikasi/ kustomisasi sepeda ‘jadul’.

Setiap stan akan dinilai dua juri dari UMM yaitu Dra Titik Ambarwati MM, Ketua Lab Jurusan Manajemen dan Dra Firda Kusumastuti MSi, dosen komunikasi.

Kriteria penilaian dilihat dari segi tujuan bisnis, aspek lingkungan dan sosial, analisis risiko bisnis, perencanaan pemasaran, proyeksi keuangan, dan presentasi. Usaha terbaik akan mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 3 juta.

“Kewirausahaan adalah peluang yang sangat besar bagi mahasiswa. Suksesnya anak muda itu ya kalau mereka sudah punya usaha. Itu artinya mereka menciptakan lapangan kerja dan mau memikirkan orang lain,’ kata Titik.

Pameran Kewirausahaan

Sedangkan Firda mengatakan, mahasiswa harus terus meningkatkan kemauan dalam berwirausaha.

“Anak-anak muda saat ini kemauan berwirausahanya perlu ditingkatkan lagi. Jangan cuma karena ada event saja lalu membuka bisnis. Semoga event ini bisa menumbuhkan semangat wirausaha mereka.”- imbuhnya.-