Menkominfo: Teknologi Selalu Mendobrak Kemapanan

0
13

MALANGVOICE- Manfaat dan dampak negatif masuknya Netflix ke Indonesia kini tengah dianalisa Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, setelah ia mendapat kabar ihwal pengaruhnya terhadap eksistensi televisi berbayar di Tanah Air.

Analisa dilakukan, karena menteri berharap segera bisa diambil langkah untuk meminimalisasi dampak negatifnya. “Industri yang ada saat ini tidak boleh mati mendadak,” tutur Rudiantara, seperti dikutip dari MatraNews, terkait upaya mengamankan industri yang bisa terimbas beroperasinya layanan streaming video film dan serial televisi dunia itu.

Menteri juga mengakui, selama alamiah, teknologi memang selalu mendobrak kemapanan. “Jangan pula demi masyarakat, teknologi jadi dilarang,” ujarnya. Menyoal konten, baik dari sisi kelayakan dan kesesuaian peraturan, pihaknya akan berdiskusi dengan banyak pihak, seperti Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Lembaga Sensor Film dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Sekadar tahu, Netflix telah mengumumkan ekspansinya ke seluruh dunia yang mencapai 130 negara, termasuk Indonesia. Sebelumnya Netflix hanya bisa dinikmati di 60 negara. Untuk kawasan Asia, hanya Singapura, Korea Selatan, Hong Kong, dan Taiwan, yang lebih dulu kebagian layanan itu.

Bayangkan, Netflix tak ubahnya layanan video berbayar di YouTube. Asal terkoneksi dengan internet, bisa dinikmati di beragam perangkat multimedia yang mendukung.

Kini, siapa saja bisa mengakses Netflix, yang artinya bisa menonton semua film tanpa batasan maksimal film dalam bentuk hari atau bulan, bisa melalui perangkat multimedia yang mendukung, mulai komputer hingga smartphone. Meski begitu, kecepatan internet yang direkomendasi tergantung kualitas video.

Jadi, tinggal memasukkan alamat email dan password sebagai akun yang dibutuhkan di Netflix, selanjutnya bisa melihat beragam daftar film berdasar rating, genre dan tanggal rilisnya.

Lalu, apa sih yang ada di Netflix? Kekuatan utamanya adalah TV Shows, bukan film terbaru di layar bioskop. Sama dengan langganan televisi berbayar cable tv, Netflix juga bersih dari iklan, penonton tak perlu menunggu jadwal penayangan serial televise. Bahkan konten yang ingin dinikmati bisa disetting sendiri.

So, kini menonton tayangan kesukaan bisa di mana pun, kapan pun, dan hampir lewat medium multimedia apa pun, mulai smartphone, smartTV, tablet, PC, dan laptop. Bahkan Bisa melalui PlayStation 4 dan XBox One.

Kabarnya, konsumen bisa menikmati percobaan gratis hingga 7 Februari mendatang.