Mengalir Sepanjang Tahun, Air Terjun Coban Talun Curi Pesona Wisatawan

0
139
Air Terjun Coban Talun yang memukau wisatawan (fathul)
Air Terjun Coban Talun yang memukau wisatawan (fathul)

MALANGVOICE – Wisata Alam Coban Talun ternyata menyuguhkan pesona yang luar biasa. Pengunjung dapat menikmati berbagai pemandangan yang menakjubkan dan fotogenic sehingga sangat pas buat penyuka traveling dan foto selfie.

Pesona paling indah tentu saja Air Terjun Coban Talun, yang menjadi destinasi utama di sana. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 60 meter ini dapat mengalir sepanjang tahun bahkan di musim kemarau.

“Kalau musim kemarau ya volumenya berkurang, tapi tetap mengalir. Bahkan kalau kemarau airnya lebih jernih. Karena saat musim hujan, kalau hujan di atas pegunungan kan jadinya keruh,” jelas Koordinator Wisata, Samsul Huda, saat ditemui di Coban Talun, beberapa menit lalu.

Air Terjun Coban Talun ini, kata Samsul, merupakan aliran Sungai Brantas yang berhulu di Desa Sumber Brantas dan mengalir ke 18 kabupaten/kota se Jawa Timur. Sehingga alirannya relatif stabil karena memiliki sumber air yang banyak.

“Pengunjungnya kalau seminggu bisa mencapai 500 orang, paling ramai Sabtu dan Minggu. Tapi hari biasa seperti ini ya ada saja yang berkunjun. Kalau dari asal pengunjung kebanyakan dari Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Lamongan, dan lain-lain,” sambungnya.

Saat ini Coban Talun memang menyedot perhatian yang luar biasa dari wisatawan. Hampir setiap hari, wisata alam yang selalu dingin itu dikunjungi wisatawan. Sehingga warung-warung banyak berjajar untuk menjadi jujukan wisatawan.

Jalan utama yang dulu masih bergelombang juga sudah diperbaiki dengan aspal. Bunga pucuk merah dan pepohonan ‘Sepatu Dia’ atau biasa dikenal dengan Kecrutan ditanam sepanjang jalur untuk mempercantik kawasan.

“Dulu nggak seperti ini, sekarang kita bersihkan terus bekerja sama dengan pemilik warung dan warga. Sehingga wisata di sini bisa memberi pengalaman berharga untuk wisatawan,” tandasnya.