Mendikbud Sebut SD Sabilillah Sekolah Fullday Ideal

0
50
Mendikbud RI, Muhadjir saat di SD Sabilillah (anja)

MALANGVOICE – Mendikbud RI, Muhadjir Effendy menyebut SD Sabilillah sebagai salah satu sekolah dengan penerapan sistem fullday yang ideal.

“Mungkin tidak perlu disebut fullday, tapi sebut saja sekolah yang mengembangkan aktivitas pembentikan kepribadian menjadi ciri utamanya. Misal cara salamannya, cara makan, itu contoh etiket-etiket kecil yang ditanamkan sekolah. Kalau ingin mencetak generasi muda yang bagus ya karakternya juga harus bagus,” paparnya saat ditemui MVoice di SD Sabilillah siang ini.

Ia mengakui, SD Sabilillah pantas disebut sekolah fullday yang ideal. Namun, bukan berarti sekolah-sekolah lain yang ingin menerapkan sistem fullday mencontoh SD Sabilillah sepenuhnya karena tiap sekolah punya karakter masing-masing.

“Tapi jangan pakai banyak alasan, bilang fasilitasnya tidak lengkap ya. Buktinya di sini (SD Sabilillah) meski tidak punya lapangan, buktinya anak-anak bisa bermain kok,” tambahnya.

Ia menambahkan bukti lain. Ada salah satu sekolah di Riau yang menjalankan sistem fullday atau pendidikan berkarakter dengan baik. Sekolah-sekolah lain kini juga ikut menyusul melaksanakan sistem fullday.

“Untuk sekolah mana yang bakal menjadi sekolah fullday, Kemendikbud akan menentukan. Tapi ternyata ada juga sekolah yang mengajukan diri,” tutupnya