Membuat Film, Pertimbangkan Hal Ini!

0
43
ismail (anja)

MALANGVOICE – Ismail Basbeth, sutradara ‘Mencari Hilal’ dan ‘Talak 3’, berbagi beberapa tips sederhana, namun penting dalam proses pembuatan film, yaitu feedback penonton dan manajemen keuangan.

Ismail mengatakan, jika sebuah film sudah dipertontonkan ke publik tapi tidak memberi efek apapun, berarti ada yang salah dengan film itu.

“Walaupun film itu dilihat banyak orang, minimal ada saja penonton yang memberikan feedback ke kamu, ‘filmmu menyentuh’, ini akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dan motivasi untuk kamu kedepan,” kata Ismail saat memberikan materi workshop Fun Film Making bersama Bosan Berisik, Lab di Hotel Sahid, siang ini.

Ia juga menyarankan para filmmakers untuk mengelola keuangan dengan baik. Karena untuk membuat film perlu sejumlah uang untuk membeli peralatan proses produksi.

“Siasati hal-hal itu dengan mengatur keuangan dan menginvestasikan ke barang-barang untuk membuat film misal laptop dan kamera. Dengan begitu kalian akhirnya akan menghargai sebuah karya, bahkan karya orang lain,” tambah sutradara film pendek Shelter, Maling (The Thief), dan 400 Words itu.