Media Gathering, UB Sosialisasikan Penghargaan Pewarta Teraktif

0
24
Diskusi media gathering (anja)

MALANGVOICE – Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan Universitas Brawijaya (PSIK UB), hari ini menggelar acara Media Gathering Gedung Fakultas Teknik UB. Acara ini tak lain untuk menjalin silaturahim dan melaksanakan undang-undang keterbukaan informasi

Dosen Fakultas Teknik UB sekaligus panitia, Rudy Yuwono ST Msc mengatakan, dalam acara media gathering yang dihadiri sebagian besar media dan kehumasan di seluruh Fakultas UB, PSIK menyosialisasikan program perdana kehumasan Fakultas Teknik yaitu Penghargaan Pewarta Teraktif.

UB akan memberikan penghargaan pada tiga pewarta teraktif dalam pemberitaan di Universitas Brawijaya. Indikator keaktifan itu bisa dinilai dari banyaknya berita yang ditulis seorang wartawan terkait pemberitaan di UB. Setiap berita memiliki poin tersendiri. Misal, untuk berita yang sifatnya mandiri atau eksklusif akan mendapat poin 1.75. Sedang berita bukan mandiri mendapat nilai 1. Semua poin itu akan diakumulasi pada tenggat waktu yang sudah ditentukan.

“Ini merupakan program penghargaan.Tapi tidak masalah jika kami menganggapnya seperti lomba. Kami berikan poin ini agar penghargaan itu sifatnya valid,” terang dia.

Menurutnya, program ini juga menjadi kesempatan kehumasan untuk melaporkan akuntabilitas UB pada masyarakat industri dan pemaku kepentingan lainnya.

“2013 one day one report, 2014 everyone is reporter, 2015 web is bilingual, 2016 media gathering dan everyone is PRO (public relation officer). Jadi komunikasi tidak satu pintu saja,” kata Rudy optimis.

Lebih lanjut Dekan Fakultas Teknik, Dr Ir Pitoyo Tri Juwono, MT sangat mengapresiasi dan mendukung program ini. Ia berharap tumbuh sinergi antarpewarta dan UB. Tidak hanya dari segi mengekspos berita namun juga memberikan feedback apabila ada informasi tidak berimbang.

“Terus terang, apa yang kami lakukan di kampus tidak akan bisa dilihat kalau tidak diekspos oleh pewarta. Mari bersama berdiskusi. Bahkan kalau bisa mendatang ada MoU antarorganisasi pewarta dan UB. Saya support sepenuhnya,” kata Pitoyo kepada seluruh wartawan yang hadir.