MCW Desak Kajari Periksa Lima Orang Terlibat Korupsi Road Show

0
102
Aktivis MCW ketika di Kantor Kejaksaan Negeri Batu.(Miski)
Aktivis MCW ketika di Kantor Kejaksaan Negeri Batu.(Miski)

MALANGVOICE – Malang Corruption Watch (MCW) mendesak Kejaksaan Negeri Batu memproses nama-nama yang terlibat dalam kasus korupsi Road Show Shining Batu Investment Exhibition.

Hal tersebut tertuang dalam putusan majelis hakim yang menyatakan secara gamblang adanya pelaku lain, sehingga tindak pidana korupsi terjadi.

Baca juga: Plt Kajari: Kasus Road Show Pemkot Batu Berlanjut

Divisi Advokasi MCW, Akmal Adicahya, mengatakan, ada lima nama yang disebut dalam pembacaan putusan Pengadilan Tipikor, yakni, E, SH, I, S dan DCD.

“Sudah empat bulan berlalu sejak putusan dibacakan, tapi sampai sekarang tidak ada tindak lanjut,” kata dia, Selasa (6/9).

Akmal menyebut, bukti berupa surat, kesaksian, keterangan ahli dirasa lebih dari cukup dan dijadikan dasar untuk memproses lima orang tersebut.

Pihaknya khawatir, bebasnya lima oramg ini berisiko menghilangkan barang bukti, diulangi perbuatannya dan melarikan diri.

“Permintaan kami jelas, segera lanjutkan proses peradilan pada lima orang tersebut dan menetapkan sebagai tersangka dan menyeretnya ke meja hijau,” tegas dia.

Ditambahkan, tidak hanya pada kasus Road Show pejabat penting di Kota Batu disangkutpautkan. Dalam kasus korupsi PT Batu Wisata Resource juga disebut ikut terlibat, tapi lolos dari jeretan hukum.

“Ditakutkan, jika prosesnya terlalu lama, pejabat penting yang namanya masuk dalam kesaksian ini kembali bebas. Tentunya masyarakat akan menilai kinerja kejaksaan buruk,” tandas dia.