Mboisss… Terima Pengaduan Warga, Kominfo Launching ‘Sambat Online’

0
63
Launching Sambat Online
Launching Sambat Online

MALANGVOICE – Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Malang, pagi ini, melaunching layanan SMS (Short Message System) bertajuk ‘Sambat Online’, yang dibuka bagi seluruh masyarakat yang ingin mengadukan masalah pelayanan publik hingga pengaduan ihwal infrastruktur.

Kepala Dinas Kominfo, Zulkifli Amrizal, mengatakan, layanan ini merupakan bentuk keterbukaan informasi publik, dimana masyarakat bisa berpartisipasi langsung menyampaikan keluhan mereka kepada pemerintah secara langsung.

“Ini respon kami untuk menyerap keluhan warga, dan selanjutnya kami salurkan informasinya kepada SKPD terkait,” kata Zulkifli.

Layanan SMS ini cukup mudah, warga tinggal mengetik kata SAMBAT (spasi) keluhan masyarakat, lalukirim ke nomor 08133471111. Nantinya pesan akan diterima server Dinas Kominfo dan akan diteruskan kepada server yang ada di SKPD terkait. Misalnya, keluhan tentang pendidikan, akan disampaikan kepada Dinas Pendidikan, dan sebagainya.

“Kami sudah kerjasama dengan SKPD masing-masing, karena kesuksesan layanan ini tergantung kesigapan mereka menerima pengaduan,” tukasnya.

Dalam waktu dekat Dinas Kominfo juga akan mengeluarkan aplikasi di Android dan sejenisnya, agar semua kalangan bisa mengadukan permasalahan mereka kepada pemerintah.

Wali Kota HM Anton menyambut positif layanan ini. Menurutnya, Sambat Online merupakan kepanjangan dari blusukkan yang  dilakukan setiap dua minggu sekali.

“Kami sudah memberikan arahan kepada dinas agar bisa merespon pengaduan masyarakat,” kata Anton.