Mbois! UMM Siapkan Grand Design Kampung Warna-Warni Sebagai Icon Wisata

0
197
Jamroji di Jodipan (anja)
Jamroji di Jodipan (anja)

MALANGVOICE – Universitas Muhammadiyah Malang dipercaya Pemerintah Kota Malang untuk membuat grand design (konsep besar) kampung warna-warni di Jodipan dan Kesatrian, Kecamatan Blimbing, menjadi ikon wisata Kota Malang.

Dosen Ilmu Komunikasi UMM, Jamroji mengatakan Pemkot Malang melihat Jodipan sebagai peluang wisata yang menjanjikan. Apalagi setelah sebelumnya Jodipan sempat viral di pemberitaan lokal dan nasional.

Rencananya, kampung sebelah Jodipan, Kampung Kesatrian akan dikonsep menjadi kampung pelangi.

“Ide kampung Jodipan akhirnya menjadi meluas menjadi ikon wisata Kota Malang. Kampung sebelahnya, Kesatrian itu juga mau jadi kampung pelangi,” katanya.

Jamroji mengatakan, pihak UMM sudah melakukan rapat dua kali dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota Malang dan SKPD terkait untuk pengajuan konsep.

“Kalau mengandalkan cat saja pasti bosan. Harus ada magnetnya. Misalnya ada pasar wisata, classroom makanan dan oleh-oleh dan sebagainya. Industri rumahan lampion kampung ini mungkin akan dikembangkan juga. Saat ini yang sudah berjalan ya mural tiga dimensi,” paparnya.

Lebih lanjut, UMM juga menyiapkan tim khusus dari Fakultas Teknik untuk merancang jembatan pedestrian yang menghubungkan kampung Jodipan dan Kesatrian.

“Kebetulan UMM sering juara lomba rancang jembatan. Nanti kita sesuaikan rancanangannya yang punya ciri khas dan mencerminkan ikon Kota Malang,” tutupnya