Mbois, Tingkatkan Prospek Kerja Desa Mangunrejo, KKN 82 UMM Lirik Limbah Plastik.

0
116

MALANGVOICE – Pelatihan penanaman hidroponik, yang berkonsep pemberdayaan limbah plastik, digelar di Dusun Santren, Desa Mangunrejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Hidro2Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 82 Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2016 melirik limbah plastik seperti botol bekas air minum mineral, guna meningkatkan perkembangan ekonomi para ibu PKK di desa itu.

Program kerja yang dirangkai dengan rapi oleh KKN 82 bukan hanya berpusat kepada satu titik tujuan perkembangan ekonomi saja, melainkan untuk membiasakan hidup mandiri secara sehat. Pelatihan semacam ini melibatkan aparatur desa seperti Sekretaris Desa Mangunrejo, Kepala Dusun dan Ketua PKK Dusun Santren.

Hidro3Pemateri penanaman hidroponik profesional, Eko Budi Setyawan, bersedia bekerjasama dengan KKN 82 UMM untuk menjalankan misi tersebut.

“Karena pelatihan membutuhkan koordinasi yang tepat, setiap ada penawaran koordinasi dan melakukan hal yang terbaik kepada masyarakat di daerah manapun, tidak menutup kemungkinan kami bantu penelitian di dearah itu,” kata Eko Budi.

Kepala Dusun, Alwiyah, berharap, program itu bisa berjalan lancar, meski dengan menggunakan bahan dan alat bisa sederhana rumah tangga.

Hidro4“Suatu pengalaman baru dan khususnya pemberdayaan perempuan bagi kami ibu PKK. Dan masyarakat disini tahu, bertanam tidak harus dilakukan di tanah”, katanya.