Mbois, SMAN 1 Batu Pamer 80 Karya Terbaik di Galeri Raos

0
37
Pameran karya menarik minat Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, untuk melihatnya (fathul)

MALANGVOICE – Program intrakurikuler seni rupa di SMAN 1 Batu membuahkan hasil spektakuler. Sebanyak 80 karya dengan berbagai medium ini dipamerkan hingga Minggu besok di Galeri Raos, Jalan Panglima Sudirman, Kota Batu.

Guru Seni, Dedi Iskandar, mengatakan, pameran ini terdiri dari 2 dimensi dan 3 dimensi. Karya dua dimensi seperti lukisan, sketsa, lukisan mozaik, melukis batik, hingga lukisan di atas kaca.

“Semua ini karya siswa yang dikumpulkan sejak tahun 2013. Jadi karya siswa tidak hilang saat selesai materinya, tapi disimpan dengan baik untuk dibuat pembelajaran lanjutan,” ungkap Dedi kepada MVoice.

Dengan karya yang layak diapresiasi itu, Dedi berencana akan melakukan pameran setiap tahun sekali. Apalagi kepanitiaan juga dipegang siswa, termasuk kuratornya, sehingga pihak guru akan mendukung sepenuhnya selama siswa bersemangat.

“Selama ini memang masih pameran di lingkungan sekolah, seperti Bulan Bahasa dan HUT Sekolah. Kami mendapat masukan dari beberapa seniman, katanya layak dipamerkan, jadi akan kami beri semangat ke siswa,” imbuhnya.

Salah satu seniman dari Pondok Seni Batu, Witono, mengaku terkejut dengan karya yang dihasilkan siswa SMAN 1 Batu. Menurutnya, karya mereka layak dipamerkan dalam skala yang lebih besar.

“Karya mereka begitu beragam dan banyak, sehingga saya rasa Galeri Raos nggak cukup. Kan tidak bisa kalau ditumpuk-tumpuk, sebuah karya harus punya space apresiasi. Ke depan kami harap bisa mengadakan pameran di galeri yang lebih besar,” saran Witono.